Minggu, 07 Juli 2013

Ekonomi Makro

Nama  : Desendhi Natarisa
Nim     : 201269030035
EKONOMI MAKRO
Ekonomimakro adalah ilmu yang mempelajai tentang perekonomian secara keseluruhan.  menurut saya ini adalah kebalikan dari ekonomi mikro yang hanya mengganalisis perekonomian dalam bagian-bagian kecil saja Baca Juga Pengertian Ekonomi Mikro tapi kalau ekonomi makro mempelajari keseluruhan tindakan para konsumen, para pengusaha, pemerintah, lembaga-lembaga keeuangan dan negara-negara lain beserta bagaaimana pengaruh tingkah laku para pelaku ekonomi secara keseluruhan terhadap perekonomian secara keseluruhan pula.
Lahirnya Ekonomi Makro diawali dengan munculnya buku yang dikarang oleh John Maynard Keynes yang berjudul The General Theory of Employment, Interes, and Money. buku ini merupakan landasan dari teori ekonomi makro pada saat ini. Dalam buku tersebut, Keynes berpendapat pengangguran dapat terjadi dan dapat berlangsung dalam waktu yang terbatas.
Dalam perkembangan ekonomi, masalah-masalah yang dihadapi dalam ekonomi makro dapaat dibedakan dua menurut jangka waktunya, yaitu sebagai berikut.
  1. Jangka Pendek
    Ekonomi makro jangk pendek sebagai berikut.
    Inflasi, adalah suatu keadaan dimana harga cendrung naik secara teruss menerus dann berlaku secara terus menerus yang akan menyebabkan nilai uang turun.
    Pengangguran, Penyebbnya adalah jumlah angkatan kerja melebihi tingkat kesempatan kerja atau jumlah lapangan kerja. sehingga jumlah pengangguran semakain tinggi.
    Ketimpangan Neraca Pembayaran, neraca pembayaran adalah suatu ikhtisar yang meringkas transksi-transaksi antara penduduuk suatu negara dengan penduduk negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu. neraca pembayaran harus dalmm keadaan seimbang antara sisi pendapatan denganpegeluaran. jika terjadi ketidak seimbangan neraca ppembayaran, pemerintah harus mengeluarkan kebjakan untuk mengatassinya.
  2. Jangka Panjang
    Masalah jangka panjang yang di analisis dalam ekonomi makro adalah masalah pertumbuhan ekonomi. pertumbuhan ekonomi diarikan sebagai kenaikan pendapatan atau produksi nasional yang terjadi dalam suatu negara dari tahun kke tahun. masalah inti dalam pertumbuhan ekonomi adlah mengatur jalannya pperekonomian supaya antara ppertumbuhan produk, pertambahan produksi, ketersediaan dana terjadi suatu perpaduan sehingga pertumbuhan ekoonomi dapat tercapai semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar